Marselina Amu Tapu (tengah)

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi besar. Khususnya dalam cabang olahraga atletik. Banyak atlet asal wilayah ini mengharumkan nama Indonesia. Dengan adanya SAC Indonesia diselenggarakan di provinsi tersebut, diharapkan banyak anak-anak dari Nusa Tenggara Timur memiliki wadah berprestasi dan menjadi regenerasi atlet-atlet sebelumnya.

Berikut adalah deretan atlet atletik Indonesia asal Nusa Tenggara Timur yang mendunia:

1. Marselina Amu Tapu

Marselina Amu Tapu adalah atlet lari jarak pendek asal Indonesia. Spesialisasi nomor 400 meter dan 4x400 meter. Pada 2019, Marselina Amu Tapu berhasil meraih medali emas dalam kejuaraan Singapore Open Track and Field Championship 2019. Atlet kelahiran Kahuda, NTT, itu tak hanya bersinar di cabang olahraga atletik internasional melainkan dalam negeri.

2. Alfin Nomleni

Alfin Nomleni berhasil meraih medali perak dalam 400 meter T20 di ASEAN Para Games (APG) tahun 2022. Alfin selalu menjadi kebanggaan NTT dalam APG selama beberapa tahun ke belakang. Tahun ini, Alfin kembali mewakili Indonesia di APG dalam nomor 1.500 meter.

3. Matilda Bere

Matilda Bere menjadi atlet NTT pertama yang telah mengantongi tiket PON XXI Aceh-Sumut 2024. Matilda berhasil berhasil melebihi limit PON dalam Kejuaraan Atletik Jatim Open 2023 di Surabaya. Saat itu, Matilda bersaing dalam nomor 800 meter dan berhasil meraih catatan waktu 2 menit 18,18 detik.

4. Ansel Gomes

Atlet atletik NTT, Ansel Gomes, berhasil menyabet dua medali emas dari Kejuaraan Nasional Atletik 2022, yang digelar di Semarang, Jawa Tengah. Ia merupakan atlet NTT mentereng di nomor 800 meter dan 1.500 meter. Ansel Gomes juga merupakan bagi banyak anak muda di NTT. 

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers, West Java Qualifiers dan Bali Nusra Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di ketiga wilayah itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES