Novitria Indriarti Hasibuan, saat bersaing dalam babak National Championship

Juara lompat jauh putri dari North Sumatera Qualifiers, Novitria Indriarti Hasibuan, akan kembali berlaga pada Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2023. Pada Selasa, 6 Juni 2023, Novitria terdaftar sebagai delegasi SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan di Sumatera Qualifiers. Bahkan, ia akan comeback dengan nomor yang sama. 

Kembalinya Novitria tahun ini bukan tanpa alasan. Ia ingin memperbaiki limit pribadinya. Dalam SAC Indonesia, Novitria ingin mencapai catatan lompatan sejauh 4,75 meter. Siswi kelas XI tersebut bahkan telah melatih kekuatan kaki beserta fisik dan juga pernapasan. “Karena SAC Indonesia itu kan seru sekali, jadi saya ingin berlomba tahun ini. Persiapan juga ada,” kata Novitria. 

Novitria merupakan juara lompat jauh putri North Sumatera Qualifiers dengan catatan 4,59 meter. Ia kemudian mewakili North Sumatera Qualifiers di babak National Championship. Sayangnya, Novitria belum naik podium di babak puncak. “Saya berharap dan berusaha memberikan yang terbaik aja tahun ini,” ungkap Novitria. 

Mengantongi pengalaman tentunya akan menjadi nilai plus bagi Novitria. Apalagi, ia telah berhasil berangkat ke Jakarta. Sehingga, ini akan menjadi tahun kedua bagi Novitria berlaga dalam SAC Indonesia. “Semoga persaingannya tidak akan seberat tahun lalu,” kata Novitria.

Tahun ini, SAC Indonesia akan kembali melombakan lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah (middle distance), lari estafet (relays), lompat jauh (long jump) dan tolak peluru (shot put). Serta satu supporting event, yakni Kids’ Athletics. 

Baca Juga: SMA Muhammadiyah 9 Aek Kanopan Bakal Kembali Bersaing di SAC Indonesia Tahun Ini

Pendaftaran SAC Indonesia di Sumatera Qualifiers dan West Java Qualifiers telah dibuka. Pelajar tingkat SD/Sederajat, SMP/Sederajat dan SMA/Sederajat di kedua provinsi itu yang memenuhi persyaratan dan didampingi ofisialnya bisa mendaftar.

SAC Indonesia juga akan kembali dengan konsep kompetisi bertingkat. Dimulai di babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers dari masing-masing daerah untuk tingkat SMA/Sederajat akan dilombakan di tingkat nasional dalam babak National Championship. Kemudian, juara dari babak National Championship akan mengantongi tiket untuk mengikuti training camp ke luar negeri. (*)

  RELATED ARTICLES